Filosofi Kami

Apa itu Montessori

Montessori adalah metode pendidikan yang menerapkan personalisasi kurikulum sesuai dengan tahap perkembangan, gaya belajar, dan minat setiap anak. Proses belajar terpusat pada anak disertai pendampingan, observasi, dan pengayaan dari guru yang peduli dan terlatih, dalam lingkungan yang dipersiapkan.

Kami menerapkan prinsip hands-on learning dan pembelajaran yang dapat diaplikasikan ke dunia nyata, serta tidak hanya menjunjung kemampuan akademis, namun juga mengasah kemandirian, keterampilan sosial serta kemampuan anak dalam memecahkan masalah.

Prinsip Utama Kami

Area pembelajaran yang holistik

Area pembelajaran kami tidak hanya meliputi area akademis, namun kami juga mendukung perkembangan anak secara utuh yang meliputi stimulasi fisik, bahasa, kognitif, dan sosioemosional (whole child), serta kecerdasan majemuk anak, yaitu kecerdasan linguistik, logis matematis, spasial, intrapersonal, interpersonal, gerak tubuh, musikal, dan naturalis.

Setiap anak adalah individu yang unik

Kami menyadari bahwa setiap anak memiliki cara belajar dan ketertarikan yang berbeda-beda. Dua anak dengan usia yang sama dapat mengalami periode sensitif atau kebutuhan pembelajaran yang berbeda pula. Kami menghargai hal tersebut dan bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan dan kecepatan belajar setiap anak.

Observasi dan rencana pembelajaran individual

Guru sebagai fasilitator, bertugas untuk mengobservasi setiap anak secara berkala, sehingga dapat menyediakan rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan, cara belajar, serta minat anak pada periode tersebut, dan membantu anak mencapai indikator pembelajaran dengan cara yang menyenangkan.

Alat peraga yang mendukung proses pembelajaran

Pada setiap area pembelajaran, alat peraga didesain bertahap tingkat kesulitannya sehingga setiap anak dapat berproses dengan kecepatan dan kenyamanannya masing-masing, sehingga dapat menumbuhkan dan menjaga rasa cinta anak untuk belajar (follow the child).

Didampingi oleh psikolog berpengalaman

Observasi guru pada proses pembelajaran dan perkembangan anak didampingi oleh Psikolog Pendidikan dan Psikolog Klinis yang berpengalaman.

Menumbuhkan kemandirian, rasa percaya diri, dan kreativitas anak

Ruang kelas dan alat peraga disusun dengan teratur menggunakan rak terbuka dengan tinggi yang disesuaikan agar anak dapat memenuhi kebutuhannya secara mandiri atau minim bantuan orang dewasa (prepared environment). Anak-anak juga dibebaskan untuk memilih sendiri dan melakukan variasi dalam aktivitasnya, selama tidak membahayakan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan di sekitarnya (freedom within limits). Kami mendukung anak-anak untuk bebas berekspresi dalam berinteraksi dan juga berkarya, untuk menjaga dan mengembangkan kepribadian serta kreativitasnya.

Mempersiapkan anak untuk lingkungan sosialnya

Sekolah montessori menerapkan mixed age classroom, yang bertujuan agar anak dapat melatih keterampilan sosialnya dan kepemimpinannya, seperti belajar bergantian, saling membantu, dan memecahkan masalah, karena pada realita kehidupan nantinya mereka akan berkolaborasi atau bekerja bersama orang-orang dengan jenjang usia yang berbeda.